Headlines
Published On:Senin, 12 Oktober 2015
Posted by Cong Wafi

3 Kesenian Asli Lumajang yang Terkenal

Kota Pisang | Lumajang adalah sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki julukan kota pisang. Hal tersebut dikarenakan Lumajang banyak sekali menghasilkan pisang. Selain itu, Lumajang juga terkenal memiliki kesenian daerah yang di lestarikan sampai saat ini. Salah satu kesenian asli Lumajang tersebut, bahkan sudah pernah dipromosikan sampai keluar negri tepatnya di Swiss. Kesenian tersebut adalah tari topeng kaliwungu. Tidak haya itu, Lumajang juga masih memiliki beberapa kesenian lain yang juga terkenal hingga saat ini.

3 Kesenian Asli Lumajang yang Terkenal

Berikut 3 Kesenian Asli Lumajang yang Terkenal Yaitu :

1. Jaran Kencak

Jaran kencak merupakan salah satu kesenian tradisional asli Lumajang yang terkenal hingga saat ini. Jaran kencak ini adalah kesenian yang lahir di jaman kerajaan Lumajang pada masa pemerintahan Raja Arya Wiraraja yang wilayahnya meliputi Maduran dan Tapal Kuda. Arti dari jaran kencak sendiri yaitu "jaran" yang berarti kuda dan "kencak" yang berarti menari.

Masyarakat meyakini, kesenian jaran kencak ini diciptakan oleh seorang petapa suci yang tinggal di lereng gunung Lamongan yang bernama Klabisajeh. Petapa ini mampu membuat kuda liar menjadi tunduk serta pandai menari dan dari sinilah tercipta kesenian jaran kencak ini asli Lumajang ini.

Hingga sekarang ini, kesenian jaran kencak sudah menjadi kesenian Lumajang yang sangat terkenal dan sangat banyak peminatnya.

2. Tari Glipang

Tari glipang merupakan kesenian turun temurun sejak zaman penjajaha Belanda di Indonesia. Tari glipang ini adalah tarian hiburan pada zamannya dengan permainan alat musik sederhana yang mengiringi gerak si penarinya. Gerakan dari tari glipang ini merupakan perpaduan antara pencak silat dan gerak sholawat yang biasanya diiringi dengan jidor. Tari glipang ini biasanya dimainkan oleh 5 orag laki-laki.

Alat musik yang biasa digunakan untuk menampilaka tari glipang ini dianaranya terbangan, ketipung lanang, ketipung wedok. Para penari menari dangat energik sambil menyesuaikan dengan iringan musik yang dimainkan. Selain iringan musik, tari glipang juga diiringi dengan syair lagu yang diambil dari surat berjajen.

Tari glipang sampai sekarang ini masih sangat di minati oleh sebagian besar masyarakat Lumajang, bahkan ada beberapa kelompok sendar tari yang masih melestarikan kesenian asli Lumajang ini.

3. Tari Topeng Kaliwungu

Tari topeng kaliwungu merupakan tarian asli Lumajang yang masih di lestarikan sampai saat ini. tari topeng Kaliwungu adalah tarian yang awalnya berangkat dari pertunjukan wayang topeng yang ada di Desa Kaliwungu, Kab. Lumajang. Tarian ini pertamanya sebagai bagian dari pertunjukan sandur di Lumajang.

Gerakan dari tari topeng kaliwungu ini menggambarkan perpindahan raja dari Kerajaan Lumajang yang bernama raja Arya Wiraraja dari Sumenep ke Lumajang. Gerakan tarian topeng kaliwungu yang tegas khas madura kemudian di padu dengan gerakan-gerakan lembut khas Jawa. Tari topeng kaliwungu ini, sampai sekarang masih di lestarikan dan dipertahankan.

Demikian 3 Kesenian Asli Lumajang yang Terkenal dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Note

Posted by Cong Wafi on 09.00. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "3 Kesenian Asli Lumajang yang Terkenal"

Leave a reply

    Blog Archive