Headlines
Published On:Senin, 12 Oktober 2015
Posted by Deje

Museum Lumajang Menyimpan Benda-Benda Etnik dan Prasejarah

Kota PisangKabupaten Lumajang akhirnya memiliki museum daerah untuk benda-benda prasejarah, seni, dan budaya yang berkaitan dengan Lumajang. Museum yang berada di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati As’ad Malik.

Kabupaten Lumajang Mempunyai Museum Dengan Koleksi Baru

Dalam kategori seni, pelbagai koleksi benda antik yang dipajang diantaranya replika jaran kencak, replika jaran slining, satu set Seni Topeng Kaliwungu, replika tari glipang, dan satu set musik dhanglung.

Untuk kategori budaya, diantaranya Batik Lumajangan, wayang krucil (wayang sebagai penyebaran agama islam di Jawa oleh Sunan Kalijaga), Pakaian Adat Lumajang, dan Pakaian Pengantin Lumajang.
Sedangkan benda antik purbakala, pelbagai koleksi yang dipajang diantaranya koleksi senjata kuno, koleksi kumismatik (koin kuno dan uang kepeng), koleksi kolonial (perlengkapan perawatan tradisional dan fragmen keramik asing).

Kabupaten Lumajang Mempunyai Museum Dengan Koleksi Baru

Ditambah koleksi prasejarah lain (bubungan, wadah, main-manik kaca, dan wadah dari logam),  koleksi klasik (klintingan, bata hias, dan relief Candi Kedungsari), dan naskah kuno (replika lontar nagarajtagama dan replika lontar paraton).

Ada juga beberapa koleksi kuno yang paling berkesan yang ditemukan di Lumajang salah satunya Prasasti Pasrujambe. Serta benda tambahan lainnya; replika arca whisnu, replika arca ganesa, replika arca siswa trisirah, dan batu lumpang.

Museum ini sudah dilengkapi fasilitas penunjang, seperti toilet untuk pengunjung. Berada di lokasi yang strategis di KWT, diharapkan museum ini banyak pengunjung yang datang. "Semoga banyak pegunjung, baik dari Lumajang maupun luar kota," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Gawat Sudarmanto di lokasi.
Bupati berjanji, koleksi di museum bisa bertambah banyak dan kongrit. "Ini kan masih pembukaan, nanti secara bertahap kita tambah koleksinya," ucap bupati.

Sumber : Lumajangnews.com

.

Note

Posted by Deje on 09.00. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Museum Lumajang Menyimpan Benda-Benda Etnik dan Prasejarah"

Leave a reply

    Blog Archive